Mereka Ada Untuk Apa? Untuk Dikunjungi dan Dilindungi

Oleh Ivon

INDONESIA!! Indonesia dengan sejuta keindahan alamnya. Indonesia yang diapit benua Asia dan Australia serta dikelilingi hamparan samudra Hindia dan Pasifik. Jamrud khatulistiwa dengan lingkungan agraris yang begitu mempesona. Lautan dan pegunungan begitu indahnya, jadi mereka ada untuk apa? untuk dikunjungi dan dilindungi….
Sekarang kita jelajahi pesona pantai selatan yang terletak sekitar 69 km di sebelah selatan kota Malang, Jawa Timur. Pantai Sendang Biru menjadi favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Meskipun menghadap samudra Indonesia yang terkenal akan keganasan ombaknya, pantai ini tergolong aman untuk berenang karena hampir tidak ada ombak. Ini semua berkat pulau Sempu yang menghalangi ombak sekaigus menjadi destinasi wisata di Sendang Biru.

paragraf 2
Bagi para pecinta ekspedisi hutan, maka pulau Sempu adalah pilihan yang menarik. Hal ini dikarenakan para ekspediser akan dibayangi dengan pesona segara Anakan ditengah-tengah pulau ini. Pada cuaca kemarau, ekspedisi pulau Sempu sangat mengasyikkan, karena jungle tracking serta wilayah rawa dari hutan lindung cukup kering dan mudah untuk dilalui. Berbeda kondisi jika pada musim penghujan, jalan yang dilalui sangat becek dan ketinggian tanah rawa bisa mencapai setengah lutut kita.
paragraf sebelum pada cuaca normal 3
Pada cuaca normal, ekspedisi pulau Sempu menuju segara Anakan dapat ditempuh sekitar 2 jam. Medan yang akan dihadapi para akspediser juga tidaklah sulit. Sedikit tanjakan kemudian landai membuat pernafasan bisa diatur ritmenya. Jalan setapak dengan beberapa cabang jalan perlu diperhatikan, karena bisa membuat tersesat. Ikuti saja jalan setapak yang paling lebar ke arah kanan. Berbeda jika cuaca penghujan, medan cukup sulit. Rawa yang menyambut pada awal perjalanan cukup membuat malas untuk berjalan. Selanjutnya jalan yang licin akan membuat para ekspediser tergelincir jika tidak waspada. Dengan medan seperti ini, untuk mencapai segara Anakan memakan waktu hampir 5 jam.
Setelah melakukan perjalanan , sampailah kita hamparan segara yang begitu indah.
paragraf seblum segara anakan 4
Segara Anakan di sore hari mengalami posisi surut. Namun mengalami pasang kembali sekitar pukul sepuluh malam. Pada pagi harinya, kita akan disambut dengan biru air laut yang sangat menggiurkan untuk kita terjun kesana. Sedangkan disebelah kiri segara Anakan, ada sebuah bukit yang cukup tinggi, dimana jika kita mencapai puncaknya, kita akan melihat hamparan luas samudra Hindia dibelakang kita.
paragraf sebelum dari puncak
Dari puncak bukit kita kibarkan sangsaka merah putih. Tampak segara anakan dari atas sungguh membuat kita tak berhenti bersyukur.
paragraf sebelum satu hal terakhirSatu hal yang perlu kita ingat. Alam yang begitu mempesona akan menjadi tak berati jika kita tidak pernah menjaganya. Biasakan untuk ikut berpartisipasi membersihkan atau setidaknya kita tidak ikut membuang sampah di alam Tuhan ini. Mari kita jaga Indonesia, Mari kita lestarikan Indonesia. Jika bukan kita, Lalu siapa lagi?? 


Comments are closed.