Tips bagi Orang Tua untuk Anak yang Sering Tidak Mau Mendengarkan

Pernahkah Anda merasa habis kesabaran saat anak tidak mau mendengarkan Anda? Pasti lama kelamaan Anda akan terpancing emosi atau bahkan putus asa untuk dapat membuatnya mau mendengarkan Anda. Memaksa atau memarahinya agar dapat mendengarkan Anda hanya akan membuatnya justru menjadi semakin tidak mendengarkan perkataan Anda. Dibutuhkan beberapa keterampilan yang tepat dalam menaklukkan anak. Jangan menyerah dan cobalah melakukan tips berikut ini.

1

 

Bicarakan berulang-ulang

Mungkin akan terasa membosankan kalau bicara berulang-ulang. Tetapi, disinilah Anda sebagai orang tua dilatih lebih sabar dalam mendidik anak Anda. Anak yang sulit mendengarkan biasanya karena sulit mencerna apa yang orang lain sampaikan. Nah, kesabaran Anda dapat dengan perlahan membuat buah hati Anda dapat menangkap perkataan Anda.

Bantu untuk lebih fokus

Jika cara di atas tidak membantu anak untuk mendengarkan Anda, mungkin Anda harus mencoba melatihnya untuk lebih serius menyikapi keadaan sekitarnya. Misalnya dengan menggunakan alat peraga mainan favoritnya. Tanyakan padanya sambil menunjukan mainan yang Anda pegang, benda apakah itu, bagaimana bentuknya, dan sebagainya. Asah kebiasaan ini sampai anak Anda dapat terlatih untuk lebih fokus dalam mendengarkan orang lain.

Menjadikan membaca jadi kebiasaan

Membaca tidak hanya baik untuk menambah pengetahuan, tetapi juga dapat mengasah pendengaran anak. Jadikan kebiasaan membaca sebagai kegiatan yang wajib bagi anak setiap hari, misalnya saat sebelum ia tidur. Dianjurkan ketika ingin mengasah pendengaran anak, jangan memperlihatkan gambar pada saat membacakan cerita agar anak bisa lebih terfokus mendengarkan cerita dan mendengarkan Anda.

Menjadi orang tua merupakan tugas dan tanggung jawab yang mulia. Jadilah sebagai orang tua yang dapat dibanggakan oleh anak Anda.

Oleh Dinda


Comments are closed.